Curug Banyunibo Pajangan Bantul

21:26 2 Comments

Curug Banyunibo Pajangan Bantul
Curug Banyunibo
Curug/grojogan/air terjun Banyunibo berada di daerah Pajangan Bantul, persisnya kurang dari 1 Km dari Curug Pulosari. Dari curug Pulosari kita masih harus menempuh rute jalan kampung cor-coran yang menurun, sempit dan curam, ditambah lagi jurang di samping jalan yang menambah sensasi dan tantangan sampai-sampai warga setempat menyarankan agar kami turun dan menuntun sepeda saja karena menurut mereka terlalu berbahaya apalagi jika sepedanya tidak dilenkapi rem yang mumpuni.


Sempat ragu juga karena jalan menurun yang kami tempuh pada akhirnya terlihat seperti buntu dan berakhir di rumah salah satu warga, setelah kembali mencoba bertanya ke warga setempat, baru kami tau kalau di samping rumah itu ternyata jalan tadi masih berlanjut sampai ke bawah. akhirnya kita lanjutkan lagi perjalanan tentunya masih dengan menuntun sepeda.



Curug Banyunibo Pajangan Bantul
Turunan curam, terpaksa nuntun sepeda demi keselamatan dan kesopanan :D
Tidak seperti curug pulosari, ternyata air terjun yang satu ini dari segi pengelolaan sudah lebih maju, setidaknya sudah disediakan fasilitas parkir 100m dari lokasi air terjun, tepatnya di halaman rumah pak RT, sudah ada pedagang makanan ringan juga.

Curug Banyunibo Pajangan
Meluncur ke parkiran sik, mata air sudekat
Curug Banyunibo Pajangan Bantul
parkiran sejuk dan teduh berada di bawah pohon sawo
Seperti pada foto plang di atas, dari parkiran kita harus berjalan ke bawah ke arah sungai, dan dari kejauhan saja air terjunnya sudah terlihat, tepat seperti kata warga sekitar bahwa air terjunnya jauh lebih tinggi dari pada di Curug Pulosari.

Curug Banyunibo Pajangan Bantul
curug banyunibo yang dari jauh sudah ngawe-awe (bahasa Indonesianya apa ya?)
Curug Banyunibo Pajangan
ternyata di sini juga sedang ada kerja bakti di aliran sungainya
Tiba di curug, ternyata di sini warga setempat juga sedang melakukan kerja bakti bersih-bersih dan merapikan batu-batu pada aliran sungai di bawah air terjun, ya yang tua, yang remaja, yang anak-anak, yang cowo, yang cewe, semua nimbrung jadi satu di sini.

Curug Banyunibo Pajangan
bisa dilihat sendiri perbandingan tinggi orang dan air terjunnya
Curug Banyunibo Pajangan
curug banyunibo yang airnya suegerrrr
Menurut perkiraan saya, tinggi air terjun ini mungkin ada 10 meter atau lebih, di bawahnya ada kolam alami yang dilihat dari ketenangan dan warna airnya sepertinya cukup dalam, setidaknya lebih dalam dari pada yang ada di Curug Pulosari.

Curug Banyunibo Pajangan
Rute pulang harus nanjak sekali lagi

Curug Banyunibo Pajangan
foto bareng bapak-bapak TNI yang sedang latihan pengamanan
Disepanjang jalan sejak masuk ke wilayah Krebet terlihat sejumlah pos yang dijaga oleh tentara, serta sejumlah regu kecil tentara yang patroli sambil menenteng senjata, ternyata mereka ini sedang latihan pengamanan wilayah, hmmm..minta foto aja sekalian, hehe..

Untuk rute lengkap menuju Curug Pulosari dan Banyunibo, dari Kota Jogja kita bisa langsung menuju ke arah pabrik gula Madukismo, dari perempatan Madukismo lalu diteruskan ke arah Kasihan -> arah Selarong -> Pajangan -> Desa Wisata Krebet, dari desa wisata krebet ini jalannya mblusuk-mblusuk melalui jalan kampung, dari pada bingung di sini bisa ditanyaka saja ke warga yang siap dengan ramah menunjukkan arahnya.

adin

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

2 comments:

  1. Tempatnya terpencil ya.. hahaha
    untuk menjangkaunya butuh perjalanan yang cukup jauh, tapi sepertinya worth it ya? :D
    Terima kasih atas infonya.. :D

    ReplyDelete
  2. pengen ndono kang,nuwun infonya

    ReplyDelete